Sabtu, 17 Mei 2008

Kebutuhan Sistem Vs Pemeliharaan

Disadari atau tidak, pengoperasian mesin tentu saja membutuhkan pemeliharaan untuk menjamin keandalan operasional mesin tersebut. Namun, bagaimana jika mein tersebut sangat dibutuhkan sehingga hampir tidak ada waktu untuk melakukan pemeliharaan??


Polemik seperti hal diatas sering dihadapi oleh Insan Pembangkitan PT PLN (Persero), dengan kondisi beban puncak yang tinggi adalah suatu hal yang sulit untuk membuat keputusan melakukan pemeliharaan yang membutuhkan shut down dalam jangka waktu yang melewati beban puncak. Bagaimanapun, sebagai perusahaan penyedia energi listrik, kebutuhan pelanggan harus terlebih dahulu dipenuhi. Namun, kalau tidak dilakukan pemeliharaan terhadap mesin pembangkit sebagai mana mestinya, tentu saja pada akhirnya akan berbuah pada kekecewaan pelanggan dimana kebutuhan akan energi listrik tidak dapat terpenuhi.


Terkadang, walaupun sudah dibuat planning yang apik untuk melakukan shut down suatu mesin pembangkit, mesin yang lain duluan down sehingga rencana tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Tidak ada komentar: